Merasakan Kelembutan Getaran dari Suspensi Hino Ranger 500 Terbaru


Hino sebagai pemimpin pasar di kelas truk medium sangat memperhatikan setiap aspek sebagai penunjang berkendara. New Ranger 500 yang baru saja diluncurkan adalah salah satu contoh. Kenyamanan dalam kabin ditambah, termasuk menerapkan sistem pegas khusus untuk kabin yang disebut semi-floating. Fitur ini semakin mengurangi getaran yang terasa dalam kabin.

Fitur lain, pola perpindahan gigi pada transmisi 6-percepatan yang yang memudahkan sopir untuk menjalankan kendaraan. Belum lagi rem full air brake system yang mudah dioperasikan (khususnya untuk rem tangan) dan mampu meningkatkan keamanan. Lampu juga semakin terang, memudahkan pengemudi melihat di malam hari.

Suspensi untuk kabin yang menggunakan jenis semi floating. Peredam kejut di luar suspensi pada roda ini berfungsi untuk meredam getaran, sekaligus membuat sopir tak banyak mengalami guncangan saat berada di jalan tidak rata. Untuk membuktikan kenyamanan ini, HMSI membuat rintangan buatan di area tes di lapangan parkir Sirkuit Sentul. Rintangan pertama adalah tali tambang besar-besar disusun berjajar, seolah menciptakan guncangan kecil. Yang kedua, berupa hambatan tak simetris untuk menguji ”goyangan” di kabin.

Setelah mencoba tiga tipe, yakni New Ranger 500, Ranger model lama, dan kompetitor, goyangan di kabin pada New Ranger paling lembut. Membawa beban seberat 15 ton di bagian kargo terasa sangat stabil dan tidak ”terlempar” dari jok meski diguncang. Inilah yang dianggap sebagai salah satu faktor penunjang kenyamanan untuk pengemudi yang sangat penting. Saat pengemudi merasa nyaman, stress dan rasa lelah bisa diminimalisir untuk diubah menjadi produktivitas.

Suspensi kabin yang lembut dimudahkan dengan pola pemindahan gigi yang baru. Selain pola baru, karakter memindahkan gigi yang biasanya keras, pada New Ranger 500 lebih lembut dan ”nurut”. Semua panel dan tombol mudah dijangkau.

Soal tenaga, torsi besar yang sangat diperlukan untuk mengangkut beban berat. Dengan barang bawaan 15 ton di kargo (belum termasuk bobot kendaraan), truk gampang dipacu. Mesin berteknologi commonrail  truk ini lebih dari cukup untuk urusan tarik-menarik.


Memacu kencang semakin terasa aman dengan adanya Anti-Lock Braking System (ABS) yang menambah keyakinan saat menginjak rem. Dibantu exhaust brake dengan menggerakkan tongkat di kiri setir ke bawah, laju kendaraan bisa diredam cepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel