Strategi Hino Truck & Bus

Strategi Hino Truck & Bus

Di semester pertama 2015 dan hingga saat ini nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Imbas lemahnya rupiah ini juga turut dirasakan oleh pelaku bisnis otomotif, salah satunya adalah PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI).

Jika dilihat secara makro, Hino masih mendapat pengaruh dari nilai tukar dolar. Pengaruh ini dirasakan pada beberapa produk yang masih diimpor, sehingga apabila dolar naik terus maka akan menjadi berbahaya.

Strategi yang dilakukan oleh Hino adalah dengan memperkuat pasokan untuk spare part. Hino memperbanyak jumlah suku cadang yang diproduksi lokal melalui HMSI Original Part (HOP). Apabila genuine part dari Jepang jelas akan sangat terpengaruh dengan dolar. Sehingga Hino yang mempunyai HOP akan terus diperbanyak. Saat ini sudah ada 600 jenis item pada HOP.


Untuk sementara ini lemahnya nilai tukar juga belum mempengaruhi program-program yang dijalankan Hino. Selain itu, harga jual kendaraan komersial yang dipasarkan Hino di Indonesia saat ini juga masih belum terpengaruh lemahnya nilai tukar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel